Pemkab Lamtim Canangkan Germas dan Jumat Sehat

0
472
Plt Bupati Lamtim Zaiful Bokhari memberikan pisang kepada warga sebagai kampanye untuk hidup sehat.
LAMPUNG TIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur terus berkomitmen menggerakan pola hidup sehat yakni dengan mengkampanyekan hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Era kepemimpinan Chusnunia Chalim, saat ini Bupati nonaktif, dan Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhari, Germas menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah.

Sesuai intruksi Presiden Jokowi yang tertuang dalam Inpres nomor 1 tahun 2017, Germas menjadi kemutlakan bagi seluruh stakeholder.

Program yang dicanangkan pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan itu, diterapkan Pemkab Lampung Timur mulai dari skala kecil di instansi pemerintahan setempat, bahkan hingga gerakan massal yang menyasar masyarakat.

Kampanye hidup sehat Pemkab Lamtim melalui Germas bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal itu dinilai penting untuk mengubah pola hidup sehat dimulai dari perilaku individu, khususnya di lingkungan keluarga.

 

Kesuksesan program ini ditentukan oleh penerapannya, dimulai dari bawah atau instansi terkait kemudian ditularkan pada masyarakat secara menyeluruh. Komitmen Germas dilakukan agar masyarakat dapat lebih peduli dengan kesehatan.

Di Lampung Timur, Germas juga telah merambah di tiap kecamatan. Hal itu dibuktikan dengan penyediaan mobil ambulans, pembagian kendaraan dinas roda dua bagi petugas kesehatan, dan dukungan tersedianya sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, Pemkab Lamtim juga gencar mengadakan kegiatan jumat sehat  yang rutin digelar untuk mensukeskan kampanye Germas di kabupaten berjuluk Bumi Tuwah Bepadan tersebut.

Gerakan Jumat Sehat di Lampung Timur untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus deteksi terhadap penyakit tidak menular (PTM).

Program ini dicanangkan sejak awal 2017. Dilaksanakan serentak di 24 kecamatan dan 34 puskesmas se-Lampung Timur.

Kegiatan berslogan “Sehat Keluarga Ku, Sehat Lampung Timur Ku, Sehat Indonesia Ku”, ini berupa penyuluhan kesehatan dan cek kesehatan gratis untuk pengukuran tekanan daerah, berat badan, kadar gula, asam urat, kolesterol atau PTM.

Setiap puskesmas di Kabupaten Lampung Timur menjadi ujung tombak Jumat Sehat. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendeteksi masyarakat terhadap adanya resiko PTM.

Kampanye germas oleh Pemkab Lampung Timur melalui Diskes setempat juga melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Timur dan peran akademisi. (rls)

LEAVE A REPLY