52 Khafilah Tanggamus Siap Berlaga di MTQ Provinsi Lampung ke-46

0
421
Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin melepas khafilah untuk berlaga di MTQ ke 46 Provinsi Lampung.

TANGGAMUS
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melepas keberangkatan 52 Kafilah dan 30 orang official yang akan berlaga pada gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Provinsi Lampung, Rabu (25/4).

 

Kafilah dan official diberangkatan dari Kantor Sekretariat Pemkab Tanggamus. Dalam pelepasan tersebut dihadiri Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi, Firman Ranie, Kepala Kemenag Tanggamus Murdi Amin, Ketua MUI Tanggamua Kh. Makmun Siraj.

Dalam sambutannya mewakili Pj. Bupati Firman Ranie menyampaikan, atas nama Pemkab Tanggamus dan masyarakat mendoakan semoga kafilah MTQ Tanggamus, selama mengikuti musabaqah dilindungi oleh Allah SWT, dan dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih selama ini, ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada seluruh ustadz pembina sebagai pelatih dan official, serta LPTQ yang telah sungguh-sungguh melatih, membimbing dan mendampingi para peserta dalam persiapan menghadapi MTQ ke-46.

“Melalui pemusatan latihan, yang telah saudara-saudara laksanakan tersebut dapat mengantarkan peserta MTQ menjadi yang terbaik  dalam MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung, segar dalam ingatan kita MTQ di Kabupaten Pesawaran, kafilah kita memperoleh prestasi membanggakan yakni juara umum, mencermati hasil yang diraih itu merupakan prestasi yang membanggakan,” kata Firman Ranie.

Ia juga berpesan, kepada para kafilah yang akan ikut dalam berbagai ajang lomba MTQ, untuk menjadikan ajang tersebut sebagai motivasi dan jikapun ada kesulitan dalam pertandingan nanti agar kiranya tidak tidak dijadikan beban, dan menjadi kendala dan alasan untuk tidak berprestasi, yang terpenting saat ini lanjutnya tumbuhkan semangat juang yang tinggi dan rasa optimis.

“Keberhasilan kita dalam ajang MTQ ke-45 tahun lalu hendaknya dijadikan motivasi dan semangat dalam meraih juara. Peran LPTQ Kabupaten Tanggamus sudah cukup maksimal dalam mempersiapkan kafilah ke berbagai cabang lomba yang dimusabaqahkan dalam mengikuti MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Lampung,” kata dia.

Ia juga mengharapkan para pendamping dan para pelatih agar selalu memberikan semangat dan dorongan kepada seluruh peserta. Diharapkan pula terjalinnya hubungan yang harmonis dilandasi saling pengertian diantara peserta, pelatih dan pimpinan kafilah dan, mengedapankan pola asah asih, dan asuh sehingga tercipta kekompakan dalam semangat kebersamaan dengan tujuan, berjuang untuk tampil maksimal meraih prestasi terbaik.

“Saya mengharapkan saudara saudara para peserta MTQ, untuk tetap dan selalu menjaga stamina dan kondisi kesehatan, memanfatkan waktu luang untuk senantiasa berlatih sesuai dengan cabang yang diikuti, kobarkan semangat bahwa saudara/i bisa dan dapat meraih prestasi terhormat pada MTQ kali ini, Jagalah sikap, perbuatan baik dalam berinteraksi, dengan sesama peserta lomba dan masyarakat, agar masyarakat luar Tanggamus dapat mengenal bahwa masyarakat Bumi Begawi Jejama adalah masyarakat yang ramah, santun dan menjaga etika pergaulan, buktikan terlebih dahulu kemampuan di ajang Provinsi pastilah pemkab Tanggamus akan menghargai hasil upaya duta terbaiknya secara wajar dan proporsional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua  Kafilah Kabupaten Tanggamus, Hi. Murdi Amin menyampaikan, dasar pelaksanaan MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Bandarlampung adalah keputusan Pj. Kabupaten Tanggamus, nomor : B. 168/08.06/08/2018. Tentang official dan peserta MTQ Kabupaten Tanggamus, pada MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung tahun 2018. Adapun tujuan ikut serta dalam MTQ ke-46, selain ikut andil dalam event tahunan tersebut juga diharapkan mampu mempertahankan juara umum yang telah diraih.

“Cabang yang diikuti sembilan cabang dan 22 golongan, peserta kafilah MTQ Tanggamus berjumlah 52 peserta dengan rincian, 10 orang peserta tilawah putra dan putri, peserta Qir’oat Murotal enam orang, peserta tahfidz 1 Juz, 5 Juz Tilawah empat orang, tahfidz 10, 20 dan 30 Juz enam orang, tafsir bahasa arab, dan Indonesia empat orang, fahmil Quran enam orang, Syarhil Qur’an enam orang,  Khot Quran delapan orang dan dua diantaranya peserta makalah ilmiah Al Quran, dan didampingi 30 oficial,” terangnya. (Red)

LEAVE A REPLY