Dinsos Janji Bantu Mbah Sariyem

0
242
  1.  

    METRO – Dinas Sosial (Disos) Kota Metro akan membantu Mbah Sariyem (70) warga RT 18 RW 03 Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat untuk menerima bantuan pangan non tunai (BPNT).

    Sekretaris Dinas Sosial Kota Metro Subehi mengatakan, pihaknya tengah mengusahakan Mbah Sariyem mendapat bantuan BPNT. Pasalnya, memang Mbah Sariyem merupakan warga yang kurang mampu.

    “Dari pemberitaan itu kami sudah langsung tindak lanjuti. Tadi kami langsung cek kesana. Kami tengah mengupayakan Mbah Sariyem menerima BPNT. Kalau BPJS PBI Mbah Sariyem sudah terdaftar,” kata dia, Kamis (26/7).

    Dijelaskanya, Mbah Sariyem memang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT). Namun, Mbah Sariyem belum menerima bantuan karena tidak terdaftar di BDT yang menerima bantuan BPNT.

    “Jadi gini, jumlah BDT kita ini ada 9034 KPM. Tetapi, kuota untuk BPNT itu kita hanya dapat 6087. Nah Mbah Sariyem ini masuk diluar angka 6087 yang mendapat BPNT. Sekarang ini kan proses pemutakhiran data, nanti kita evaluasi siapa yang sudah masuk kategori kaya akan kita gantikan dengan Mbah Sariyem,” jelasnya.

    Mbah Sariyem, lanjut dia, direncanakan mulai mendapat BPNT pada bulan September 2018. Pasalnya, penggantian BDT tersebut prosesnya cukup panjang.

    “Jadi pemutakhiran data ini bisa dilakukan setiap bulan ya. Karena bulan ini sudah akhir, makanya kita masukkan di bulan Agustus. Jadi September itu Mbah Sariyem sudah terima BPNT. Penggantian ini cukup panjang prosesnya karena ini program pemerintah pusat,” paparnya.

    Ditambahkanya, soal cucu Mbah Sariyem yang putus sekolah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro agar cucu Mbah Sariyem bisa melanjutkan sekolahnya.

    “Saya sudah perintahkan PSM untuk mengurus rapor di sekolahnya yang dulu. Cucu Mbah Sariyem ini keluar karena trauma pernah diresehin sama teman-temanya. Tapi dia masih mau sekolah. Nanti kita koordinasi dengan Disdikbud. Kamungkinan nanti dimasukkan di SD negeri seputaran Samber Park. Dia nanti masuk langsung di kelas IV. Melanjutkan yang putus,” tandasnya.

LEAVE A REPLY