Peremajaan Ruko Jalan Jenderal Sudirman Tunggu TKKSD

0
258
Ruko di Jalan Jenderal Sudirman.

 

METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro masih mematangkan rencana peremajaan ruko di Jalan Jenderal Sudirman.

Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, ruko tersebut memang akan dibongkar. Pasalnya, dari ruko di jalan tersebut tidak sesuai dengan garis sepadan jalan. Kemudian, dari segi keindahan dan juga kelayakan ruko tersebut.

“Itu dasar dibongkarnya. Tapi yang lebih tahu itu pak Sekda atau Kadis Perdagangan. Mereka yang akan menyusun apakah akan menggunakan APBD atau pihak ketiga. Karena jika menggunakan APBD biayanya cukup besar. Itukan nanti akan dimundurkan sekitar 6 meter. Intinya jangan sampai nanti kita membangun tapi tidak laku,” kata dia, Rabu (1/8).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro LM. Hutabarat menjelaskan, peremajaan ruko di Jalan Jenderal Sudirman akan dipihak ketigakan. Karenanya, saat ini proses kerjasama dan proses lainya masih dibahas TKKSD.

“Memang mau dipihak ketigakan. Saat ini proses kerjasama dan proses selanjutnya masih dibahas di TKKSD,” jelasnya.

Dikatakanya, saat ini pihaknya memberlakukan sistem sewa kepada para pedagang sebelum ruko tersebut dibongkar. Pasalnya, sebelumnya pihaknya sudah menerbitkan surat himbauan kepada para pedagang untuk mengosongkan ruko.

“Sebelumnya kan kami sudah mengirimkan surat himbauan kepada para pedagang untuk mengosongkan ruko tanggal 31 Desember 2018. Kami juga berikan tenggat waktu hingga Maret 2018. Ternyata sampai sekarang pembongkaran ini masih proses. Makanya kami kirimkan lagi surat himbauan pada para pedagang boleh menempati ruko itu dengan sistem sewa per bulan,” paparnya.

Ditambahkanya, HGB ruko tersebut sudah habis sejak tahun 2000 an. Saat ini, pedagang yang berjualan di ruko tersebut berjumlah 34 pedagang.

“HGB nya sudah habis dari tahun 2000 an. Yang berdagang disana sekitar 34 pedagang. Itukan sudah tidak sesuai garis sepadan jalan. Kemudian dari segi estitika, dan umur bangunan,” tutupnya. (HN)

LEAVE A REPLY