Kota Metro Kurang 900 Kantong Darah

0
375

 

Walikota Metro Achmad Pairin menyampaikan sambutan di sosialisasi donor darah sukarelawan.

METRO – Wali Kota Metro Achmad Pairin berharap partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela semakin meningkat. Pasalnya, Kota Metro masih kekurangan 900 kantung darah.

Dikatakanya, kebutuhan kantong darah Kota Metro mencapai 14.481per tahun kantong. Dari jumlah tersebut, hanya 13.581 kantong darah yang bisa tercukupi.

“Dari 14.481 kantong itu bukan untuk masyarakat Metro saja. Tetapi dari daerah lain. Jadi masih kurang 900 an kantong darah,” kata dia usai┬ásosialisasi Donor Darah Sukarelawan di Unit Donor Darah (UDD) PMI Metro, Selasa (7/8).

Karenanya, lanjut dia, perlu adanya sosialisasi terkait donor darah kepada masyarakat. Dalam sosialisasi tersebut, juga perlu disampaikan manfaat dari donor darah.

“Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat mengetahui dengan cepat dan dapat melakukan donor darah secara sukarelawan demi membantu orang yang membutuhkan. Saya juga mengapresiasi kepada Kecamatan Metro Barat karena telah membentuk kampung donor darah. Dengan harapan kelurahan lain juga dapat melakukan hal yang sama,” imbuhnya.

Sementara Plh PMI Metro Yahya Wilis menambahkan, saat ini Bumi Sai Wawai telah memiliki dua kampung donor darah. Yakni di Kelurahan Ganjar Agung dan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat. Diharapkan, ada pembentukan kampung donor darah baru.

Sosialisasi diikuti 45 peserta yang terdiri dari OPD, Camat dan Lurah. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan pada tingkat SLTA yang melibatkan Kepala Sekolah. (HN)

LEAVE A REPLY