Sekda Minta Penyerapan Program BSW Maksimal

0
394

METRO – Sekertaris Daerah Kota Metro, A Nasir AT, Meminta kelurahan dan kecamatan untuk memaksimalkan realisasi program Gerbang Bumi Sai Wawai (BSW) di tahun ini.

Hal itu diutarakan Nasir, saat memimpin langsung Rapat Evaluasi Kegiatan Gerbang Bumi Say Wawai (BWS) Tahun Anggaran 2018 dan persiapan pelaksanaan Kegiatan Gerbang BWS Tahun 2019 serta pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan, di OR Setda Kota Metro, Kamis (10/1/19).

Dalam kesempatan itu juga, seluruh Camat dan Luruh di minta untuk melaporkan realisasi anggaraan serta mengevaluasi kendala-kendala yang di hadapi di masing-masing kecamatan yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Metro.

“Tahun ini evaluasinya akan dipercepat, yakni pada bulan Agustus. Saya meminta untuk seluruh Kecamatan yang ada di Kota Metro dapat segera memberikan hasil laporan realisasinya,” tegas Nasir.

Nasir berharap, dengan adanya kendala dilapangan seperti masih adanya kelurahan yang belum bisa menyerap seluruh anggaran BSW. Maka pada tahun ini Kecamatan dan kelurahan agar dapat membuat perencanaan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Sehingga anggaran maupun program yang diberikan pemerintah dapat diserap dengan sebaik-baiknya dan dapat berjalan mulus tanpa kendala.

“Sementara itu untuk rencana kegiatan gerbang BSW Jilid II dan Dana Kelurahan saat ini sedang disusun aturannya, untuk kecamatan maupun kelurahan yang mempunyai usulan sebelum Perwali diputuskan bisa memberikan masukan-masukan,” ujarnya.

Nasir menjelaskan, tujuan evaluasi dan penyusunan anggaran tersebut untuk meningkatkan jumlah serapan dan merumuskan strategi dan kebijakan dalam penyusunan anggaran pada kelurahan masing-masing di tahun 2019.

Sementara, Kabag Administrasi Pembangunan, Sardi mengungkapkan, dua kecamatan sudah memberikan laporan tertulis ke Bagian Pembangunan yaitu Kecamatan Metro Timur dan Kecamatan Metro Selatan.

“Untuk 3 Kecamatan yang belum memberikan laporan kepada kami, diharapkan bisa segera menyusul 2 Kecamatan yang sudah lebih dulu melaporkan,“ pintanya.

Sardi menegaskan, limit pemberian laporan yang dapat kami terima yakni bulan Januari diminggu ketiga.

Dari 3 kecamatan yang belum memberikan laporan tertulis menyampaikan alasan dan kendala yang terjadi di lapangan diantaranya mulai dari belum terhitungnya hibah masyarakat sampai kendala dalam penyerapan anggaran dikarenakan kurangnya partisipasi masyarakat untuk bergotong-royong membantu.(rls)

LEAVE A REPLY