TK Pertiwi Metro Menjadi Wakil Lampung (LSS-UKS/M) Tingkat Nasional

0
613

METRO Metro Menjadi Wakil Lampung (LSS-UKS/M) Tingkat Nasional

Megopak com – TK (Taman Kanak-kanak) Pertiwi Metro mewakili kota Metro Provinsi Lampung pada Lomba Sehat Sekolah Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Nasional Tahun 2019, Jum’at (02/08/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) bersama Walikota Metro Achmad Pairin didampingi Wakil Walikota Metro Djohan, Tim Pembina LSS-UKS Provinsi Lampung, Sekda Kota Metro A.Nasir A.T, Forkopimda Kota Metro, Para Asisten Setda Pemkot Metro, Ketua Dharma Wanita Persatuan kota Metro, Ketua TP.PKK kota Metro, Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro beserta Kepala OPD se-Kota Metro, Kabag Kesra Pemkot Metro, Camat dan Lurah Kota Metro, Kepala Sekolah TK Pertiwi Metro dan siswa-siswi Taman Kanak-kanak se-Kota Metro.

Wakil Gubernur Chusnunia dan WaliKota Metro Achmad Pairin menyambut kedatangan Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (LSS UKS) Tingkat Nasional dengan pengalungan kain tapis dan berbagai penampilan siswa-siswi TK se-Kota Metro seperti tari bedana, silat tapak suci, marching band dan penampilan lainnya berlangsung di Depan Rumah Dinas Walikota Metro Jalan Z.A Pagar Alam Kota Metro Lampung.

 

Tim penilai dan rombongan menuju lokasi Penilaian Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah (LSS UKS/M) yang bertempat di TK (Taman kanak-kanak) Pertiwi Kota Metro yang terpilih mewakili Kota Metro di Provinsi Lampung dengan menaiki kereta odong-odong. Selanjutnya Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim, Walikota Metro Achmad Pairin dan Tim Penilai LSS-UKS bersama-sama melepaskan balon warna-warni ke udara.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim dan rombongan penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019,

“Terimakasih kepada Tim penilai LSS-UKS/Madrasah Tingkat Nasional tahun 2019, pada hari ini kita sangat apresiasi kepada tim penilai yang telah hadir di kota Metro dan juga apresiasi untuk TK Pertiwi Metro yang mewakili kota Metro di Provinsi Lampung pada lomba Sekola Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah Tingkat Nasional,” ungkap nya.

Wagub Chusnunia mengatakan, “selamat menjalankan tugas nya sebagai tim penilai, semoga lancar, berkah dan TK Pertiwi Metro bisa meraih juara pada lomba LSS-UKS Madrasah Tingkat Nasional tahun 2019,” pungkas nya.

Dirinya menerangkan, “Penyelenggaraan usaha kesehatan sekolah madrasah ini merupakan salah satu upaya pembinaan untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat yang terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan unsur pemerintah, sekolah dan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan secara berkolaborasi, tidak hanya Pemerintah dan sekolah saja, Namun perlu ada peran serta orang tua,” tutur Wagub Provinsi Lampung Chusnunia Chalim.

Dikesempatan yang sama, WaliKota Metro Achmad Pairin usai berlangsung Penilaian Lomba Sekolah Sehat Usaha kesehaKes sekSeko Madrasah Tingkat Nasional tahun 2019 saat di wawancarai Megopak.com mengatakan,

“Saya mengharapkan TK Pertiwi Metro ini adalah yang terbaik, selain itu saya berpesan kepada teman-teman Guru TK Pertiwi, dalam penilaian lomba jangan semata-mata kita untuk menjadi nomor satu namun yang paling utama ialah apa saran dari tim penilai kita jadikan kedepannya menuju lebih baik,” ungkap Walikota Metro Achmad Pairin.

Sementara itu, ketua Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah dari kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Agung Tri Wahyunto mengatakan bahwa lomba LSS-UKS/M Tingkat Nasional tahun 2019 di ikuti oleh 24 Provinsi,

“Lomba LSS-UKS Madrasah Tingkat Nasional tahun 2019 dengan jumlah peserta yang akan mengikuti lomba dikelompokkan menjadi beberapa kategori atau jenjang pendidikan. Dengan rincian nya yaitu tingkat Taman Kanak-kanak sebanyak 21 peserta, Tingkat Sekolah Dasar sebanyak 24 peserta, Tingkat SMP sebanyak 25 peserta dan Tingkat SMA/SMK sebanyak 24 peserta,” jelas Agung.

Dirinya juga menerangkan, “ini adalah kegiatan tahunan yang di adakan oleh pembina LSS-UKS/M Tingkat Nasional, salah satu tujuan utama adalah untuk memotivasi Pemerintah Daerah, Tim pembina UKS di Provinsi, Kabupaten/kota, Kecamatan hingga sekolah. Bagaimana melaksanakan program pembinaan usaha kesehatan sekolah baik di Sekolah maupun Madrasah yaitu SMA/SMK, SMP, MI/MA, SD dan Taman kanak-kanak,” Ungkapnya.

Ditambahkan nya, “Kota Metro sudah lama difokuskan arahnya pada kota pendidikan, sehingga program-program pendidikan salah satunya melalui pembinaan UKS/M itu nampaknya dilaksanakan dengan baik, seperti pada tahun 2007 TK pembina Metro sudah mendapat juara Nasional dan pada tahun 2018 SMP Negeri 4 Metro meraih juara satu, dan tahun 2019 ini muncul lagi wakil dari kota Metro maju ke Tingkat Nasional dijenjang pendidikan yaitu Taman Kanak-kanak Pertiwi Metro. Setelah melakukan penilaian, Tim dan rombongan akan datang ketempat lain secara terpisah, akan terbagi menjadi beberapa tim setelah itu hasil dari penilaian akan dikumpulkan untuk dipertandingkan. Kemudian nominasi nya akan diverifikasi kembali sesuai kategori nya sehingga ini memastikan juara yang muncul tidak instan tetapi betul-betul prestasi nya dapat dibuktikan oleh beberapa juri dari tim penilai yang berbeda,” terang Agung Tri Wahyunto Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M Tingkat Nasional Tahun 2019.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro Ria Andari kepada Megowpak.com menyampaikan,

“Alhamdulillah ya partisipasi mulai dari kelompok bermain, Taman kanak-kanak, SD/SMP, MI/MA, SMA/SMK beserta Masyarakat dan Komunitas semua berkolaborasi bersama, bagaimana kota Metro tahun 2019 ini bisa menjadi juara satu Tingkat Nasional untuk taman kanak-kanak se-Indonesia,” jelas nya.

Dirinya menuturkan, “baru kali ini saya melihat bagaimana besarnya partisipasi yang ditunjukkan oleh teman-teman kita semua mulai dari jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak hingga perguruan tinggi. Mudah-mudahan sukses. Persiapan yang dilakukan pada pelaksanaan penilaian sudah seratus persen, kita persiapkan secara maksimal dengan pelatihan dan pembinaan. Mudah-mudahan juri atau tim penilai akan terpukau dengan kondisi performa yang kita tampilkan hari ini. harapan nya menang juara satu, bukan semata-mata kemenangan ini pada lomba tingkat Nasional, namun bagaimana kita membiasakan pola hidup sehat kepada anak-anak kita,” Pungkas Kadisdikbud kota Metro Ria Andari. (red/Aby)

LEAVE A REPLY