Tulangbawang Gelar Webinar UMKM dan Ekonomi Produktif

0
59

Megopak.com-Tulangbawang menggelar Webinar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan Ekonomi produktif, kegiatan ini mengusung tema geliat serta eksistensi usaha ekonomi produktif dimasa pandemi covid 19 menuju Tulangbawang mandiri dan sejahtera. Jumat (18/12/2020).

Sebanyak 427 peserta mengikuti kegiatan tersebut dari 147 kampung,4 kelurahan yang ada di 15 kecamatan di Sai Bumi Nengah Nyappur.

Bupati Tulangbawang dalam sambutan nya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Menteri Koperasi dan UMKM dan gubernur lampung yang ikut serta mensuport kegiatan ini

“25 program BMW yang kami jadikan program unggulan saat ini,sudah terus direalisasikan sehingga cukup di rasakan manfaatnya oleh masyarakat di 147 kampung,4 kelurahan yang ada di 15 kecamatan di Tulangbawang,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, kabupaten Tulangbawang sendiri banyak memiliki potensi pengembangan UMKM di antara nya sektor pertanian dan perkebunan,sektor perikanan,sektor peternakan, kemudian potensi di sektor kerajinan seperti batik tulis,sulaman maduaro khas Tulangbawang.

“Saat ini jumlah pelaku UMKM di kabupaten Tulangbawang mencapai sebanyak 35.885, dan akses permodalan bagi UMKM di Tuba sendiri terus di gelontorkan dengan berbagai macam program di antara nya bantuan gerobak bagi pedagang kaki lima,bantuan permodalan bagi pelaku umkm melalui bantuan permodalan,”jelas Winarti.

Ia berharap,melalui webinar ini semoga wawasan dan pengetahuan bersama semakin luas, tak lupa ia juga ucapkan terima kasih bagi 427 peserta webinar yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ditempat berbeda, menteri Koperasi dan umkm, Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini pemerintah pusat,provinsi,kabupaten dan kota harus selalu bersinergi menaggulangi dampak covid 19.

“Program-program belanja serta UMKM akan terus di tingkatkan salah satunya penguatan UMKM akan sangat penting untuk membantu penyerapan tenaga kerja dan menahan laju penurunan ekonomi akibat dampak covid 19, kedepan Pemerintah pusat untuk Tahun 2021 akan terus meningkatkan program pembiayaan untuk umkm,”tuturnya.

Hadir pula pada kegiatan itu, Forkompinda kabupaten Tulangbawang, Sekretaris Daerah Tulangbawang beserta para Assisten dan kepala OPD lainnya, serta
Perwakilan Bank BRI dan moderator Marselina Djayasinga. (Red/IB)

LEAVE A REPLY