Pemkot Metro Akan Bantu Korban Kebakaran

0
470
Walikota Metro Achmad Pairin meninjau lokasi kebakaran kios penampungan Pasar Cenderawasih, Jumat (13/4).
METRO – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran kios penampungan Pasar Cenderawasih.
“Tadi kami langsung adakan rapat. Jadi yang pertama, kita akan berikan bantuan. Bantuan yang dibolehkan sesuai aturan hanya bisa sembako. Nanti akan segera kita bagikan,” kata Walikota Metro Achmad Pairin usai rapat, Jumat (13/4).
Pihaknya, mengaku masih belum mengetahu total kios yang terbakar. Begitupun, dengan total kerugian akibat kebakaran tersebut.
“Belum tahu. Karena masih di data. Tadi Kadis Pasar saja masah memakai baju bebas pas rapat, karena dari pasar langsung saja ajak rapat,” paparnya.
Pemkot Metro, lanjut dia, mempersilahkan para pedagang jika hendak mendirikan kios ditempat semula. Dengan catatan, kios tersebut tidak permanen. Sebab, pasar Cenderawasih lantai 2, baru selesai dibangun bulan Desember 2018.
“Untuk para pedagang silahkan kalau mau mendirikan kios disitu. Tapi jangan yang permanen. Karena pembangunan lantai 2 Pasar Cenderawasih kan selesai bulan Desember. Berarti masih 8 bulan lagi. Mereka kan butuh makan juga,” terangnya.
Dijelaskanya, Pemkot Metro sudah menganggarkan dana Rp. 4 millyar untuk pembangunan lantai dua Pasar Cenderawasih. Pembangunan tersebut dimaksudkan agar Pasar Cenderawasih memenuhi kriteria menjadi pasar.
“Kita bukan menggusur, namun menata pasar. Pasar yang baik itukan harus ada lahan parkir, jalanan yang luas, WC, musala. Jadi pasar itu memang bermanfaat bagi masyarakat, baik itu pedagang maupun pembeli. Dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Metro,” jelasnya.
Ditambahkanya, selain fasilitas tersebut, tangga di Pasar Cenderawasih juga akan dibuat ekskalator. Bahkan, kemungkinan pintu masuk akan dibuat gapura.
“Pokoknya akan kita tata sebaik-baiknya. Jalan masuk juga nanti akan diperluas. Kalau malam juga PKL mau berjualan ya silahkan,” tutupnya. (HN)

LEAVE A REPLY