38 Koperasi Tak Penuhi Syarat

0
421

 

Lambang Koperasi Indonesia. Foto internet


METRO
– Dari 94 koperasi di Kota Metro, hanya 56 koperasi yang memenuhi persyaratan. Sisanya, 38 koperasi tidak memenuhi persyaratan.

Kepala Dinas Koperasi UMK dan Perindustrian Kota Metro, Misnan mengatakan, dari data tahun 2017, banyak pemilik koperasi di Kota Metro yang belum melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Padahal, pengesahan suatu usaha adalah melaksanakan RAT.

 

“Jadi pengesahan suatu koperasi itu, setiap tahun pelaku usaha mengadakan RAT. Dengan dilakukan RAT otomatis pemilik usaha sudah terdaftar didinas kami,” katanya, Sabtu (28/4).

Dijelaskanya, koperasi tidak boleh mengambil bunga lebih dari 2 persen. Ini, sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Untuk keuntungan bunga koperasi itu tidak boleh dari 2 persen. Ya itu sesuai peraturan Otoritas Jasa Keungan (OJK) yang ada,” jelasnya.

Ia menghimbau kepada pemilik pelaku usaha koperasi yang ada, untuk melakukan RAT agar bisa terdaftar. Nantinya, jika koperasi akan melakukan RAT, Dinas Koperasi UMK dan Perindustrian akan membantu.

“Saya berharap kepada pelaku usaha yang ada di Metro yang belum RAT agar segera melakukannya. Dan Dinas siap membantu jika di butuhkan,”tutupnya.(Red)

LEAVE A REPLY