Dinas Perumahan Larang Warga Tebang Pohon Sembarangan

0
585

 

Penebangan pohon di pinggir jalan. Foto ilustrasi


METRO
– Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Kota Metro menghimbau masyarakat kota setempat untuk tidak menebang pohon secara sembarangan. Terlebih pohon tersebut adalah pohon dikawasan hijau dan hutan kota.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Kota Metro, Ir. Edwin Sony melalui Kasi Pertamanab dan RTH dinas setempat, Parkun.

Ia menjelaskan, masyarakat dilarang menebang pohon sembarangan dilokasi-lokasi yang memang menjadi program kawasan hijau. Terlebih hutan kota.

“Penebangan pohon sangat dilarang. Apalagi pohon yang dilindungi dan yang berada dikawasan hijau seperti dipinggir jalan, pinggir irigasi arau sungai, hitan kota dan lokasi kawasan hihau lainnya,” ujar parkun, Jumat (4/5).

Ia pun menyarankan, jika ada masyarakat hendak melakukan penebangan pohon dikawasan yang dimaksud. Masyarakat tersebut harus lebih dulu mengajukan izin ke dinas terkait sebelum melakukan penebangan pohon.

 

“Harus mengajukan surat izin ke Walikota melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman untuk melakukan penebangan pohon. Dan masyarakat pun harus menyediakan dan menanam bibit pohon baru didekat lokasi penebangan sebagai peremajaan pohon,” tegasnya.

Jika tidak mengajukan izin dan melakukan penebangan pohon. Pelaku penebangan bisa di kenakan sanksi teguran, ataupun sanksi tegas lainnya.

“Tidak sama dengan pohon yang ditebang tidak apa-apa. Tetapi harus diganti dengan yang baru. Jika tidak, akan ada sanksi” paparnya.(red)

LEAVE A REPLY