Disporapar Kota Metro Lengkapi Fasum Wisata Sumbersari

0
872

METRO
– Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro mengiventarisir fasilitas yang ada di Kawasan Wisata Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan. Inventarisir ini dilakukan untuk melihat kesiapan Buper untuk dijadikan destinasi wisata.

Kepala Disporapar Kota Metro Yeri Ehwan menjelaskan, Buper merupakan satu dari 5 tempat yang dikembangkan menjadi tempat wisata keluarga. Dimana,  rencananya Buper akan dikembangkan menjadi penangkaran satwa, mengingat telah ada 13 kandang satwa di wilayah Buper.

“Fasilitas di sini terbilang sudah lengkap. Air bersih ada, termasuk WC dan Mushola. Juga telah ada enam gazebo,” jelasnya belum lama ini.

Kepala Disporapar Kota Metro Yerri Ehwan.

Selain itu,  lanjut dia, masyarakat Kota Metro tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencoba wahana ATV. Sebab, Disporapar sudah memiliki 8 unit ATV dan di Buper juga sudah dibuat lintasan.

“Tapi masih dalam tahap uji coba. Karena kota masih menunggu payung hukum seperti Perda untuk pengorperasian ATV ini secara umum,” paparnya.

Menurutnya, ada beberapa fasilitas yang masih kurang diantaranya lampu penerangan jalan umum (LPJU). Namun, kekurangan tersebut akan dilengkapi secara bertahap.

“Yang jelas, untuk jangka pendeknya, bagaimana kita membuat wilayah ini mampu menarik minat pengunjung. Untuk jangka panjangnya, diharapkan mampu meningkatkan PAD melalui sewa gedung,” terangnya.

Ditambahkanya, kemungkinan akan dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Buper. Pasalnya, dengan adanya UPT tersebut, diharapkan mampu merawat satwa yang ditangkarkan di Buper.

“Kami sudah usulkan semua rencana Buper. Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun ini atau tahun depan,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY