Tingkatkan Pelayanan pada Masyarakat, Kecamatan Metro Pusat Launching Program Simpelmas

0
637
Camat Metro Pusat Triana Aprisia.

 

METRO – Kecamatan Metro Pusat melaunching program sistem informasi manajemen pelayanan masyarakat (Simpelmas). Program yang berbasis online ini, merupakan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Camat Metro Pusat, Triana Aprisia mengatakan, program Simpelmas ini untuk memudahkan masyarakat. Dimana, ada empat item yang bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga tidak bolak balik ke kantor kecamatan untuk mendapat izin.

“Baru launching kemarin, 10 Agustus. Sebenarnya ini untuk Diklatpim yang lagi saya ikuti. Tapi saya coba terapkan sekaligus uji coba. Sekarang baru ada empat izin yang bisa diurus masyarakat,” kata dia, Senin (27/8).

Dijelaskanya, keempat item tersebut adalah izin pindah datang antar kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi, IMB, rekomendasi nikah, serta pengajuan usaha mikro dan kecil. Sejak diluncurkan, sudah 10 warga memanfaatkan penggurusan via online tersebut.

“Jadi kalau ada ajuan, saya buka lewat android. Dan kalau sudah lengkap, saya langsung approve saat itu juga. Masyarakat tinggal datang ke kantor ambil berkas yang sudah selesai. Tinggal print. Enggak bolak balik lagi kan. Enggak perlu nunggu saya juga kan, kalau misal lagi rapat atau dinas luar,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mengakses program tersebut cukup mudah. Masyarakat, hanya perlu mengakses simpelmas.metrokota.go.id. Pengaju hanya perlu membubuhkan nomor e-KTP dan nama lengkap.

Setelah itu, masyarakat tinggal mengikuti instruksi sesuai dengan apa yang akan diajukan. “Iya baru di sini (Kecamatan Metro Pusat, red). Ya uji coba. Karena itu tadi sebenarnya untuk Diklatpim. Dan memang tidak ada anggarannya. Jadi masih sendiri saja,” terangnya.

Ia berharap, simplemas ke depan bisa memiliki aplikasi. Serta menambah item-item izin yang diajukan via online. Sehingga pelayanan pemerintah semakin cepat dan profesional sesuai dengan tuntutan zaman.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Metro, Nasrianto Effendi mengapresiasi inovasi yang digagas Kecamatan Metro Pusat dengan menerapkan teknologi untuk memberi pelayanan cepat kepada masyarakat.

“Dalam pemerintah modern saat ini, menerapkan, memanfaatkan, dan memberi pelayanan berbasis teknologi itu seharusnya dilakukan. Apalagi Metro ini kota pendidikan. Sudah saatnya kita menerapkan hal-hal seperti itu. Dan harus didukung,” paparnya.

Menurut dia, pelayanan berbasis teknologi akan memberi dampak lebih cepat dan transparan. Karena masyarakat berhadapan langsung dengan sistem yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk dipatuhi.

“Kalau kita urus cara konvensional kan lebih lama dan bisa ada potensi kecurangan. Tapi kalau online, seperti kita mau daftar kartu telepon itu. Kalau KK atau KTP palsu sudah pasti enggak bisa masuk. Enggak bisa dipakai. Jadi lebih transparan,” terangnya.

Ia mendukung, program tersebut dapat diterapkan pada satker lainnya. Sehingga pelayanan di Metro semakin cepat dan mudah.

“Karena mayoritas warga kita ini kan sudah terhubung internet. Pakai android. Jadi sudah harus begitu. Harus kita dukung. Bila perlu diberi penghargaan insan berprestasi, kan ada perdanya, supaya kinerja lebih ditingkatkan lagi,” tutupnya. (HN)

LEAVE A REPLY