Nasrianto : Ada Keluhan Masyarakat Soal Rujukan BPJS Kesehatan Berlaku Satu Hari

0
367

 

Wakil Ketua Komisi I DPRD Metro Nasrianto Effendi.

METRO – Masyarakat Kota Metro mengeluhkan adanya kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tentang rujukan satu hari.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Nasrianto Effendi mengaku menerima beberapa aduan dari masyarakat tentang rujukan yang berlaku satu hari tersebut.

“Ada beberapa aduan yang masuk, katanya ada kebijakan baru dari BPJS rujukan berlaku satu hari. Rujukan itukan berjenjang. Itu terjadi di Puskesmas Iringmulyo. Dokter spesialis kan pasiennya terbatas dan waktu pelayanan tidak cukup panjang. Ini masyarakat sangat kecewa,” kata dia, Minggu (2/9).

Jika memang benar, kata dia, kebijakan tersebut justru akan merugikan masyarakat. Pasalnya, jika dihari tersebut masyarakat tidak diperiksa, masyarakat harus mengurus surat rujukan kembali.

“Jelas ini akan merugikan. Kalau dihari itu pasien mengantri dan tidak jadi diperiksa kan mereka harus mengurus lagi,” terangnya.

Karenanya, pihaknya meminta BPJS Kesehatan untuk mengkaji ulang peraturan tersebut.

“Setiap kebijakan atau aturan yang dibuat itukan untuk membantu masyarakat. Apalagi dalam UU Pelayanan Kesehatan itu apakah rumah sakit tipe C atau tipe D pasien harus dilayani. Oleh karena itu, kami minta BPJS untuk mengkaji ulang kebijakan ini,” tandasnya.

Terpisah, Humas dan Publikasi BPJS Kesehatan Kota Metro Beni menjelaskan, tidak ada kebijakan surat rujukan satu hari tersebut. Rujukan tersebut, berlaku 3 bulan atau 90 hari.

“Itu tidak ada. Tetap seperti yang dulu, rujukan berlaku selama 90 hari atau tiga bulan,” tandasnya. (HN)

LEAVE A REPLY