Disnakertrans Siapkan Pelatihan Bagi Mantan Warga Binaan dan Difabel

0
282
Kepala Disnakertrans Rakhmat Zainuddin.

 

METRO – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro akan menyiapkane pelatihan kerja bagi mantan warga binaan dan kaum disabilitas. Pelatihan ini berupa mencukur dan servis handphone.

“Tahun ini pelatihanya itu. Memang tidak banyak, hanya sekitar 20 an orang. Kita dahulukan warga binaan yang sudah keluar dan disabilitas. Sisanya, baru masyarakat umum,” kata Kepala Disnakertrans Rakhmat Zainuddin.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran dan juga kemiskinan. Dimana, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan setiap tahun.

“Kalau tahun 2018 lalu pelatihan membuat bakso jamur, naugat dan kue khas Lampung,” katanya.

Dijelaskan Rakhmat, angka pengangguran di Kota Metro tahun 2017 sekitar 3500 orang. Sedangkan angka pencari kerja sekitar 750 an orang.

“Kita adakan job fair itu dua tahun sekali. Biasanya kita adakan di bulan September karena dibulan itu anak-anak SMK yang sudah siap kerja pada lulus,” jelasnya.

Ia menambahkan, Disnakertrans setiap bulan juga melakukan pendataan di perusahaan di Kota Metro. Untuk mendata lowongan pekerjaan. “Nanti kita sebarkan ke website pemerintah dan juga lurah,” tambahnya.

LEAVE A REPLY