KPU Metro Mantapkan DPTb

0
389

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro saat ini melakukan penandaan berupa penomoran dan penulisan alamat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kotak suara yang akan digunakan pada pemilihan umum serentak pada April 2019 mendatang.

“Kami telah melakukan perakitan bilik dan kotak suara. Ini penulisan nomor, alamat TPS. Bilik maupun kotak suara kita sudah cukup dan tidak ada yang mengalami kerusakan,” kata Ketua KPU Metro, Sukatno di gudang logistik, Senin (18/2/2019).

Sukatno menjelaskan, bilik suara di Kota Metro berjumlah 1680 buah sedangkan jumlah kotak suara sebanyak 2380 buah. Bilik dan kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 460 TPS di Bumi Sai Wawai.

“Jumlah TPS kita kan ada 460. Satu TPS itu empat bilik dan lima kotak suara masing-masing untuk Pilpres, pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Metro,” jelasnya.

Sukatno mengatakan, sesuai rencana pada tanggal 24 Februari 2019 surat suara dan formulir yang dibutuhkan untuk pencoblosan akan datang. Setelah dilakukan pelipatan dan packing, semua logistik baik itu bilik, kota suara, surat suara maupun formulir yang dibutuhkan akan didistribusikan ke seluruh TPS.

“Itu paling lambat satu hari sebelum hari H pencoblosan. Tapi nanti pada 12 April 2019 akan ada acara ceremonial pendistribusian logistik secara serentak se Provinsi Lampung,” katanya.

Ia menambahkan, gudang logistik KPU Metro sudah sesuai standar yakni di GOR Jurai Siwo Metro. Dimana, gedung tersebut sudah disemprot dengan racun hama agar baik itu hama pengerat seperti tikus maupun rayap tidak masuk ke gudang.

“Dan menyusun kotak suara juga harus diberikan alas agar tidak terkena air. Pada bagian atas kotak suara juga kita tutupi dengan plastik supaya tidak terkena air ataupun kotor. Disemprot juga sudah. Mudah-mudahan nanti tidak ada kendala, sehingga pada tanggal 17 April nanti masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya dengan baik dan tidak ada gangguan apapun,” tandasnya. (red)

LEAVE A REPLY