Pemkot Metro Lengkapi Fasilitas Puskesmas

0
351

METRO – Untuk memudahkan masyarakat memeriksakan diri penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menambah laboratorium dan peralatan cek darah di setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Bumi Sai Wawai.

Wali Kota Metro Achmad Pairin mengatakan, dengan dilengkapinya fasilitas di setiap Puskesmas, akan lebih mudah untuk mendeteksi secara dini penyakit DBD. Dimana, masyarakat bisa langsung memeriksakan diri ke Puskesmas.

“Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke rumah sakit. Ke Puskesmas itu sudah dilengkapi dengan peralatan untuk mengecek darah dan laboratorium. Jadi kalau demam tiga hari bisa langsung di cek apakah DBD atau tidak,” kata dia Kamis (21/2).

Menurutnya, selain peralatan, tenaga medis di setiap Puskesmas juga sudah mumpuni. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendeteksi secara dini penyakit DBD.

“Alhamdulillah kita sudah siap dari rumah sakit hingga ke tingkat Puskesmas. Saya apresiasi kesigapan Dinas Kesehatan dalam menangani DBD ini,” terangnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini masyarakat Kota Metro yang positif DBD sudah sebanyak 94 orang dengan korban meninggal satu orang.

“Pokoknya tidak ada penolakan. Harus ditangani, kalaupun ruangan penuh bisa ditempatkan dilorong-lorong. Yang penting ditangani dulu,” tambahnya(her)

LEAVE A REPLY