Bawaslu Gandeng Media Awasi Kampanye

0
370

METRO megopak- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro meminta media dan masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan kampanye pemilu serentak 2019.

“Harapan Bawaslu, teman-teman media berperan aktif dalam proses pemilu. Karena media merupakan informasi awal ke masyarakat tentang proses pemilu sehingga hasil dari proses demokrasi ini bisa dipercaya oleh masyarakat,” kata Kordiv PHL Bawaslu Metro Hendro Edi Saputro dikegiatan fasilitasi dan koordinasi di LEC Kartikatama, Jumat.

Selain itu, pihaknya juga meminta media dapat melakukan kontrol kepada ASN di Kota Metro agar dapat bersikap netral terhadap kepentingan-kepentingan politik.

“Dan Bawaslu siap menerima laporan dan informasi apabila ada ASN yang terlibat politik praktis,” katanya.

Menurut dia, dengan semakin dekatnya pesta demokrasi yang tinggal 18 hari lagi, peran media menjadi kontrol terhadap pihak yang ingin merusak proses demokrasi sangat diperlukan.

Ia mengingatkan, elemen masyarakat untuk teliti dalam melihat pelanggaran kampanye yang terjadi, misalkan dapat membedakan alat peraga kampanye (APK) dan citra diri.

“Jadi nanti tidak salah mengartikan itu pelanggaran atau bukan. Contohnya begini, banner citra diri tidak lengkap, tidak ada logo partai atau nomor urut, nah itu tidak bisa ditindak,” tambahnya.(her)

LEAVE A REPLY