PEMKOT Mengadakan Pelatihan Kerja Khusus Disabilitas

0
561

METRO megopak.com .Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Metro pada 2019 ini akan mengadakan pelatihan kerja khusus penyandang disabilitas.

Kepala Disnaker Kota Metro, Rahmat Z Sesunan, mengungkapkan, pelatihan kerja tersebut ditujukan untuk memacu kompetensi penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan usaha di bidang tertentu.

“Pelatihan kerja khusus disabilitas ini juga suatu program untuk menekan angka pengangguran. Khususnya penyandang cacat agar mereka juga memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri,” ujar Rahmat pada megopak.com, Rabu (24-4-2019).

Pelatihan kerja khusus penyandang disabilitas tersebut nantinya akan dilakukan dalam bidang service handphone dan mencukur rambut.

“Khusus bidang manufaktur, karena bidang inikan olahan sendiri dan mudah dijalani. Sehingga penyandang disabilitas tidak terlalu sulit melakukan pekerjaannya nanti,” tambahnya.

Dalam pelatihan kerja itu juga nantinya penyandang disabilitas akan mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Peserta penyandang disabilitas nanti dapat sertifikat akreditasi dan kompetensi pelatihan kerja,” tambahnya.

Kegiatan itu juga menurutnya sebuah bentuk komitmen pemerintah dalam memenuhi hak penyandang disabilitas.

Saat ini, pihaknya juga tengah melakukan pelatihan kerja pada 15 warga Kota Metro yang akan diberangkatkan ke Balai Pelatihan Kerja (BLK) di Kota Bandung Jawa Barat.

“Untuk Sekarang ada 15 warga Metro yang akan kita berangkat ke BLK Bandung untuk mengikuti pelatihan kerja disana,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, 15 peserta tersebut akan mengikuti pelatihan kerja manufaktur dan otomotif.

“Kegiatan ini gratis. Peserta tidak dipungut biaya dan malah diberi uang saku,” pungkasnya.(her).

LEAVE A REPLY